1. Transformator Step UP

Transformator step-up adalah trafo yang berfungsi untuk meningkatkan level atau level dukungan daya AC dari level rendah ke level yang lebih tinggi. Komponen tegangan sekunder dikonversi menjadi tegangan keluaran yang lebih tinggi yang dapat ditingkatkan dengan meningkatkan kecepatan dalam kumparan sekunder sehingga kecepatan kumparan primer lebih rendah. Trafo step-up ini digunakan sebagai trafo untuk menghubungkan generator ke listrik di tegangan listrik.

2. Transformator Step Down

Trafo step-down adalah trafo yang digunakan untuk mengurangi level tegangan AC dari tinggi ke rendah. Pada tipe transformator ini, rasio jumlah putaran pada kumparan primer lebih besar daripada jumlah putaran pada kumparan sekunder.

Transformator step-down digunakan untuk mengubah jaringan bertegangan rendah yang dapat digunakan untuk peralatan rumah tangga. Misalnya, untuk mengurangi tingkat tegangan listrik PLN (220V) ke tingkat tegangan yang dapat diatur dengan perangkat elektronik rumah.

Baca Juga :
  1. Apa itu MCB?
  2. Apa itu Listrik Dinamis?
  3. Pengertian dan Fungsi Relay?

Prinsip Kerja Transformator

Dalam transformator sederhana, pada dasarnya terdiri dari 2 gulungan atau gulungan kawat berinsulasi yaitu primer dan sekunder. Untuk kebanyakan transformer, kumparan kawat berinsulasi ini melilit besi yang disebut inti.

Ketika AC diterapkan ke koil primer, hal itu menyebabkan medan magnet atau fluks magnet di sekitarnya. Kekuatan medan magnet (densitas fluks magnet) dipengaruhi oleh jumlah arus listrik yang menciptakan dioda.

Semakin besar arus listrik, semakin besar medan magnet. Fluktuasi medan magnet yang terjadi pada kumparan pertama (primer) menginduksi GGL (Kekuatan Gerak Listrik) pada kumparan kedua (sekunder) dan ada kelebihan daya dari kumparan primer ke kumparan sekunder.

Dengan demikian, tingkat tegangan listrik ini telah berubah dari tegangan rendah ke tegangan lebih tinggi atau dari tegangan tinggi ke tegangan lebih rendah.

Sedangkan inti besi pada trafo umumnya merupakan kumpulan lempeng besi tipis yang diisolasi dan ditempel berlapis-lapis untuk memperlancar aliran fluks magnet yang disebabkan oleh kumparan arus listrik dan suhu panas yang sering terjadi.

Sumber:

Wikipedia Indonesia

ListrikOnline