rccb vs rcbo

Pengertian & Perbedaan RCCB, RCBO Schneider

Pengertian

RCCB (Residual Current Circuit Breaker)

Residual Current Circuit Breaker atau RCCB adalah sebuah alat pengaman instalasi listrik yang berfungsi untuk memutus aliran listrik ketika terjadi gangguan berupa kebocoran arus. Kebocoran arus yang dimaksud adalah ketika ada kegagalan isolasi dan mengakibatkan seseorang tersetrum / tersengat listrik. Atau ketika ada kebocoran isolasi yang mengakibatkan arus listrik mengalir ke konduktor lainnya yang seharusnya tidak dialiri oleh listrik.

RCBO (Residual Current Circuit Breaker with Over Current Protection)

RCBO adalah sebuah alat hasil penggabungan dari MCB dan ELCB yang berfungsi untuk memutus aliran listrik ketika terjadi Kebocoran arus, hubung singkat dan beban berlebih. Jadi pada dasarnya RCBO ini merupakan gabungan dari MCB dan ELCB dimana mempunyai fungsi dari dua alat tsb yang dikemas dalam satu produk. Hal tsb membuat alat ini menjadi pengaman instalasi listrik dengan fitur lengkap dan bentuk yang kecil dan minimalis.

Perbedaan RCCB & RCBO

RCBO tidak memiliki perlindungan berlebih, berbeda dengan RCBO yang memiliki perlindungan beban berlebih. RCCB tidak memiliki perlindungan hubungan singkat sendangkan pada RCBO memiliki perlindungan hubungan Arus singkat, RCBO memiliki perlindungan arus bocor yang tidak dimiliki oleh RCCB. Dalam segi ukuran ukutub RCBO lebih kecil dengan ukuran 18mm sedangkan pada RCCB 36mm. Dalam segi perlindungan kebakaran RCCB lebih unggul dibandingkan dengan RCBO, pada RCCB sensivitas arus bocor pada 30mA dan 300mA, sedangkan pada RCBO sensivitas arus bocornya hanya 30mA. Sensivitas arus bocor pada 30mA merupakan perlindungan terhadap manusia, sedangkan 300mA merupakan perlindungan terhadap kebakaran baik di pabrik maupun rumah.